Labels

Friday 26 July 2013

Budidaya Emperor Tetra

male: right and female: left

Membedakan Jantan dan Betina
Ukuran tubuh ikan jantan lebih besar dan warnanya lebih menarik. sirip ekor dan sirip punggung pejantan lebih panjang dibanding ikan betina. kelopak mata ikan biasanya berwarna biru, sedangkan milik ikan betina bewarna hijau.

Persiapan Induk
Induk dipelihara terlebih dahulu sampai matang kelamin atau sekitar 5-6 bulan. setelah itu, masukan dalam bak pemijahan. ikan dapat dipijahkan secara berpasangan maupun masal.

Bak pemijahan
Ikan ini dapat dipijahkan di akuarium, kolam semen, atau bak fiber glass. namun sebaiknya gunakan akuarium karena lebih mudah diawasi dan dipantau perkembangan fase memijah dan bertelurnya.
di dasar aquarium berikan tanaman air atau alat peletak telur yang dibuat dari tali rafia.

Kualitas Air
Ikan ini memerlukan air dengan pH 5-7,5 dan suhu sekitar 23-28 derajat celcius.

Pakan
Ikan dapat diberi pakan kutu air, jentik nyamuk, dan cacing sutera.

Proses Memijah
Ikan biasanya memijah dimalam hari sehingga saat pagi telur sudah menempel di alat peletak telur. karena proses memijah bisa berhari-hari maka setiap pagi jam 9, alat peletak telur digerak-gerakan sehingga telur jatuh ke bak pemijahan. dengan menggunakan selang kecil, telur disedot dan dikumpulkan dalam bak penetasan.

Pembesaran Benih
Telur akan menetas setelah 24-36 jam dan mulai berenang bebas setelah 4-5 hari. begitu mulai berenang bebas, ikan sudah harus diberi pakan berupa infusoria atau cacing sutera blender.
umur 2 minggu, ikan dapat diberi kutu air dan cacing sutera, selama pembesaran, air harus sesering mungkin di ganti sebanyak yang harus dibuang dalam proses penyiponan.

Fase Kritis
Tahap yang memerlukan perhatian khusus adalah saat telur menetas sampai berumur 1 bulan.