Labels

Friday 19 July 2013

Budidaya Black Tetra

Black Tetra Dewasa
 
Membedakan Jantan dan Betina
bentuk tubuh ikan jantan langsing. sedangkan ikan betina lebih gemuk bagian perutnya. ikan ini matang kelamin saat panjang tubuhnya sekitar 4 cm, dari besar maksimal 6-7 cm.

Persiapan Induk
ikan yang sudah dewasa dan akan dipijahkan sebaiknya dipisahkan antara induk jantan dan induk betina. mereka akan disatukan dalam akuarium pemijahan setelah benar-benar siap memijah.
untuk mendapatkan hasil anakan yang berkualitaas bagus dalam hal warna, gunakan indukan dari strain yang sama.

Bak Pemijahan
ikan ini sebaiknya dipijahkan di akuarium dengan ukuran 80x40x40 cm untuk 3-4 pasang induk.
dalam aquarium berikan tanaman air hydrilla atau ganggang myriophylum sebagai tempat perlindungan telur agar tidak dimakan oleh induk atau pasangan lain.

Pakan
Ikan yang dipijahkan diberi makan pelet, cacing sutera, atau cacing darah. pemberian dilakukan 2-3 kali sehari.

Pproses Memijah
ikan ini bisa dipijahkan secara berpasangan 1;1 atau 1:2 (1 induk betina dan 2 induk jantan)
ikan ini memijah dengan metode egg layer. saat pemijahan, ikan betina akan mengeluarkan telur, kemudian secara simultan ikan jantan akan membuahinya dengan menebarkan spermanya di atas hamparan telur. biasanya telur akan menetas 50 jam setelah pembuahan

Pembesaran Benih
ikan yang sudah menetas akan berenang bebas setelah berusia 3 hari. saat itu, anakan ikan sudah harus diberi makan berupa cacing sutera blender atau emulsi kuning telur.
pada minggu pertama, ikan sudah dapat pakan kutu air, jentik nyamuk, atau cacing sutera. pada saat itulah ikan sudah bisa dibesarkan di kolam semen atau kolam tanah yang di pupuk.
umur 2-3 bulan, ikan sudah siap dijual dengan ukuran tubuh sekitar 3-4 cm

Fase Kritis
tahap krusial dalam budidaya ikan ini adalah saat menetaskan dan membesarkan anakan sesaat setelah menetas sampai umur 2-3 minggu.